Setelah Covid 19, Bill Gates ingatkan warga dunia akan bahaya wabah selanjutnya

- Senin, 26 Desember 2022 | 18:51 WIB
Petugas kesehatan di Afrika yang menangani penyakit malaria (Maman Abdurahman)
Petugas kesehatan di Afrika yang menangani penyakit malaria (Maman Abdurahman)

BRIBIN NEWS – Pendiri Microsoft sekaligus mantan petinggi perusahaan tersebut, Bill Gates kembali mengingatkan warga dunia akan bahaya sebuah penyakit menular lainnya setelah pandemi Covid 19.

Nama Bill Gates memang sempat mencuat pada saat fase awal kemunculan virus Covid 19 dan banyak mengaitkannya dengan teori konspirasi global.

Bill Gates bahkan sempat dituding menjadi dalang di balik kemunculan virus Covid 19 dan berniat untuk melakukan implant microchip pada manusia sebagai penangkal virus tersebut.

Namun tuduhan tersebut tidak terbukti, dan kini Bill Gates kembali memperingatkan warga dunia akan bahaya penyakit malaria yang berpotensi meluas setelah virus Covid 19 yang telah memukul perekonomian dunia.

Pernyataan tersebut dilontarkan Bill Gates saat mengikuti sesi wawancara dengan media daring Al Jazeera beberapa waktu.

Fokus pada penyakit malaria memang telah ditulis pada situs www.gatesfoundation.org yang merupakan milik Bill & Melinda Gates Foundation dengan alasan penyakit tersebut telah menimbulkan kerugian besar pada kesehatan manusia dan menimbulkan beban sosial dan ekonomi yang berat di negara berpenghasilan rendah dan menengah.

Menurut data dari situs yang sama, penderita malaria pada tahun 2020 diperkirakan mencapai 241 juta yang 95 persen diantaranya terjadi di Afrika.

Dari 241 juta penderita malaria tersebut 627.000 meninggal yang sebagian besar anak-anak di bawah 5 tahun.

Dampak ekonomi dari penyakit malaria di Afrika seperti yang telah disebutkan di atas mencapai miliaran dolar dan ditambahkan penurunan produktivitas ekonomi.

Halaman:

Editor: Maman Abdurahman

Sumber: Al Jazeera

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Campak : Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasinya

Senin, 28 November 2022 | 20:30 WIB

Jadwal praktek dokter gigi di RSD Gunung Jati Cirebon

Minggu, 23 Oktober 2022 | 18:58 WIB

Terpopuler

X